blog-img

Wakamad Humas dan Sarpras Man IC Kota Kendari Hadiri Rakor MAN IC se Indonesia Tahun 2023

admin | Pendidikan |

Kendari (Humas Sultra) --- Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Humas dan Sarana Prasarana MAN Insan Cendekia Kota Kendari mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi MAN Insan Cendekia se- Indonesia.

Kegiatan Rapat Koordinasi MAN Insan Cendekia se- Indonesia yang berlangsung sejak 24 – 26 Juni 2023 tersebut diselenggarakan oleh MAN Insan Cendekia Padang Pariaman, di Rocky Plaza Hotel Padang, Jl. Permindo No.40, Kp. Jao, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat serta diikuti sebanyak 22 Wakamad Bidang Humas dan 23 Wakamad Bidang Sarana Prasarana.

Kegiatan yang dihadiri Kakanwil Kemenag Sumatera Barat yang diwakili oleh Kasi GTK, Dr. Jhon dan Ketua KKM (Kelompok Kerja Kepala) MAN Insan Cendekia Indonesia, Dr. H. Abdul Basit, S.Ag., MM tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Arif Rahman S.TH.I., M.Pd.

Selain itu, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh beberapa Kepala MAN IC seperti Kepala MAN IC OKI, MAN IC Palu, MAN IC Bangka Tengah, MAN IC Pekalongan, MAN IC Gowa, dan Kepala MAN IC Kota Kendari yang sekaligus hadir sebagai peserta rakor mewakili Wakamad Bidang Sarana Prasarana.

Melalui sambutannya, Ketua KKM MAN Insan Cendekia Indonesia, H. Abdul Basit menyampaikan bahwa rapat koordinasi terutama di Bidang Humas ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan dengan salah satu tujuan utamanya adalah terbentuknya struktur organisasi forum Humas MAN IC Se-Indonesia sehingga dapat menghasilkan program kerja yang lebih terstruktur dan terukur yang dapat dituangkan melalui Petunjuk Teknis (Juknis) penyelengaraan kegiatan kehumasan, khususnya di lingkup MAN Insan Cendekia Indonesia. Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Arif Rahman dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya rapat koordinasi Wakamad Bidang Humas dan Sarana Prasarana MAN Insan Cendekia se- Indonesia tersebut. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan program kerja khususnya di bidang Humas dan Sarana Prasarana yang lebih baik lagi.

Hasil dari kegiatan rapat koordinasi ini khsusunya melalui Rakor Wakamad Bidang Humas adalah terbentuknya Struktur Organisasi Forum Humas MAN IC Se- Indonesia. Melalui pertemuan tersebut, Wakamad Bidang Humas MAN Insan Cendekia Padang Pariaman, Syahlul Munal terpilih sebagai ketua, sedangkan wakilnya adalah Dian Fitri Nurmalasari dari MAN Insan Cendekia Gowa, sementara bendahara terpilih adalah Tino Wahyu Herdianto dari MAN Insan Cendekia Paser.

Berdasarkan kesepakatan dari rapat koordinasi ini adalah bahwa Humas MAN Insan Cendekia harus menjadi inisiator terbentuknya PPID di tempat tugasnya masing-masing dengan salah satu rekomendasi dari kegiatan Humas MAN IC se- Indonesia yaitu terjadinya peningkatan kapasitas PPID MAN IC yang bekerjasama dengan Komisi Informasi pada masing-masing provinsi.

Selain itu, Humas MAN IC juga akan melibatkan OSIM dalam mengisi konten media sosial official MAN Insan Cendekia. Humas MAN IC harus berupaya memaksimalkan pemberitaan melalui website minimal 1-5 berita perhari dengan mencari “titik aneh” atau angle untuk framing berita sehingga menghasilkan konten yang lebih menarik untuk dibaca oleh publik. Oleh Karen itu, kerja Humas ini tentu perlu didukung oleh sarana dan prasana untuk produksi seperti alat untuk mengolah informasi, podcast, video, photo profesional, dan lain-lain.

Semua warga madrasah juga harus dilibatkan demi suksesnya kegiatan bidang humas. Contoh, di media sosial Instagram, semua civitas diminta menggunakan tagar yang sama di caption setiap kali upload di medsosnya masing-masing. Semua warga madrasah wajib mem-followlike, dan share akun medsos official madrasah. Dengan ini diharapkan Humas MAN Insan Cendekia se- Indonesia akan lebih baik ke depannya.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment