00 55 22 66
info@mschool.com
Padang, Sumatera Barat, INA. 11001
blog-img
12/07/2021

Siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari Kembali Rebut Medali Pada Ajang Internasional

Humas | Prestasi

Kendari (Humas Sultra) --- Salah satu Siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari kembali rebut medali di kancah Internasional.

Khairil Mikdar merupakan anak pertama dari enam bersaudara yang terlahir dari pasangan bapak Muh. Amin (Petani) dan ibu Wahida (IRT) yang bertempat tinggal di Desa Tolowe Ponre Waru Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Kahiril Mikdar, XII IPA 2 MAN Insan Cendekia Kota Kendari telah memiliki segudang prestasi selama berada di MAN IC. Untuk Tahun 2021 saja telah tercatat memperoleh 18 medali baik Nasional maupun Internasional dan terakhir meraih medali Perunggu pada ajang International Applied Biology Olympiad (IABO) Tahun 2021 setelah sebelumnya berhasil lolos ke babak final bersama 10 finalis dari Indonesia dan 19 finalis lainnya dari Negara Armenia, India, Khazaskhstan, Nepal, Nigeria, Peru, Philippines, Turkey, dan UAE.

IABO merupakan kompetisi yang dilaksanakan secara online oleh Indonesia Scientific Society (ISS) yang diikuti sebanyak 160 peserta dari 21 negara. Namun yang lolos ke babak final hanya ada 30 peserta dari 10 negara termasuk Indonesia.

Pada  babak final, siswa yang akrab disapa Mikdar ini berhasil mempresentasikan Jurnal sederhana yang berjudul The Role of Insulin in Blood Glucose Levels Control System melalui An Analytical Review dan wawancara secara online.

Melalui wawancara via whatApp, Mikdar mengungkapkan bahwa olimpiade terapan seperti IABO ini merupakan pengalaman baru baginya, tidak seperti pada olimpiade yang lain, di IABO peserta dituntut untuk bisa mengaplikasikan pengetahuan biologinya untuk menyelesaikan kasus Biologi umum dan medis yang di berikan.

Menjadi salah satu finalis sekaligus medalis dikompetisi ini semakin memotivasi saya agar bisa lebih mengasah kemampuan aplikasi disamping pengetahuan teori. Saya cukup bangga bisa menjadi bagian dari kompetisi internasional ini, ungkapnya.

Selain Mikdar, La Ode Rafiq Zandik Badarun, XII IPA 1 juga merupakan salah satu siswa yang berhasil meraih Medali Silver Award pada kegiatan Indonesia National Round PHIMSO (Philippine Mathematical and Science Olympiad) Tahun 2021 yang dilaksanakan secara online pada Bulan Juni kemarin.

La Ode Rafiq Zandik Badarun, merupakan anak Pertama dari 4 bersaudara pasangan dari Bapak La Ode Supratman, S.E (Wiraswasta) dan Ibu Jasnia Harun S.Pd (PNS) yang tinggal di Lingkungan XXI, Kelurahan Watulea, Kecamatan Gu Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara.

Menurut Zandik, begitu sapaan akrabnya bahwa awal dapat informasi lombanya dari guru matematika, kemudian saya buka website lombanya. Ternyata, lomba ini ada dua bidang, matematika dan sains, jadi saya putuskan untuk daftar yang sains. Dan medali yang diperoleh tersebut merupakan medali untuk tingkat nasional. Nanti peserta yang memenuhi persyaratan baru ke tingkat Internasional di Filipina.

Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, H. Muhammad Naim juga merasa bangga dan bersyukur atas raihan ananda Kahiril Mikdar dan La Ode Rafiq Zandik Badarun karena di masa pandemi Covid-19 mereka tetap memberikan prestasi untuk MAN IC bahkan untuk masyarakat Sutra pada umumnya. Telah banyak prestasi yang diraih ananda Khairil Mikdar dan juga ananda La Ode Rafiq Zandik Badarun, salah satunya, mereka juga merupakan peraih Juara 1 pada ajang Kompetesi Sain Nasional (KSN) Tingkat Kota Kendari tahun 2021 dan akan berkompetisi pada tingkat provinsi pada bulan Agustus mendatang. Oleh karena itu, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi atas capaian tersebut, semoga dengan raihan ini tetap menjadikan motivasi kepada ananda untuk tetap semangat dalam mengikuti kegiatan kompetisi lain, ungkapnya.

Bagikan Ke:

Populer