00 55 22 66
info@mschool.com
Padang, Sumatera Barat, INA. 11001
blog-img
18/07/2021

Alumni Angkatan III MAN Insan Cendekia Kota Kendari Lolos Beasiswa Di Luar Negeri

Humas | Prestasi

Salah seorang siswi MAN Insan Cendekia Kota Kendari berhasil lolos Program Beasiswa di Nantong University Provinsi Jiangsu, Tiongkok Tahun 2021.

Andi Siti Nuraida merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, terlahir dari pasangan bapak Aminuddin (PNS/Dosen) dan ibu Andi Ismawati (IRT) yang bertempat tinggal di BTN Griya Sinaji Blok B4 No. 1 Kelurahan Mokoau Kecamatan Kambu Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Andi Siti Nuraida merupakan Alumni Angkatan III MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang lulus Tahun 2021 dan berhasil masuk Perguruan Tinggi di Nantong University Provinsi Jiangsu, Tiongkok Tahun 2021 melalui jalur beasiswa China Scholarship dengan Program Studi Farmasi.

Sebelum mendaftar melalui jalur beasiswa China Scholarship, Aida begitu sapaan akrabnya, telah mendaftar melalui jalur Beasiswa di Jepang University dengan mengambil 2 jurusan yaitu Ilmu Gizi dan Makanan dan juga jurusan Bioteknologi. Namun saat itu, ia dinyatakan tidak lolos melalui jalur tersebut disebabkan karena umur yang menjadi persyaratan pendaftaran adalah harus berusia 17 tahun, sementara saat itu Aida yang lahir, 7 Setember 2004 masih berusia 16 tahun, dan secara otomatis tertolak oleh sistem.

Setelah dinyatakan tidak lolos di Jepang University, Aida tidak lantas menyerah. Dengan dukungan penuh dari kedua orang tua, Aida kembali berusaha mencari jalur beasiswa luar negeri dan sebulan kemudian Aida kembali mengikuti seleksi pada program beasiswa China Scholarship yang tesnya dilaksanakan pada Februari 2021 dan alhamdulilah, Aida dinyatakan lolos di Nantong University Provinsi Jiangsu, Tiongkok Tahun 2021.

Selaku orang tua, kami sangat bangga dan bersyukur atas pencapaian buah hati kami. Kami bangga telah menyekolahkan Aida di MAN IC Kendari, karena salah satu visi misi MAN IC adalah agar alumninya mampu bersaing baik di tingkat Nasional maupun Internasional, tutur Aminuddin.

Menurut Aminuddin, MAN IC Kendari senantiasa memotivasi para siswanya dan selalu memberi informasi mengenai kelanjutan studi anak-anak melalui group WA orang tua sehingga kami sebagai orang tua juga termotivasi untuk memberikan dorongan dan dukungan kepada anak-anak kami agar mereka mau mencoba dan mencari peluang di Perguruan Tinggi Internasional berdasarkan kemampuan dan prestasi yang dimiliki.

Saat ini Aida sedang mengikuti kegiatan kursus Bahasa Mandarin sebagai salah satu bentuk dalam mempersiapan diri untuk melanjutkan kuliah di China, Tiongkok tersebut. Saat ini persiapannya telah mencapai 40%, demikian dia sampaikan kepada Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Binar dan juga dia sampaikan saat mengikuti kegiatan wawancara pada acara Talk Show di TVRI Sulawesi Tenggara beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu, Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, H. Muhammad Naim mengatakan bahwa pada tahun ajaran baru ini, MAN IC akan fokus menjadikan madrasah ini sebagai madrasah yang mandiri, berprestasi, dan mampu berdaya saing gobal. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka MAN IC akan fokus pada pencapaian prestasi baik di bidang akademik maupun riset.

Untuk mendukung daya saing gobal, tentunya MAN IC akan fokus pada pembelajaran bahasa, khususnya Bahasa Inggris.  Pada tahun ajaran baru ini, siswa akan ditingkatkan dalam penguasaan Bahasa Inggris yang menjadi Bahasa Internasional, ungkapnya.

Naim juga menyampaikan apresiasinya atas pencapaian prestasi anakda Andi Siti Nuraida yang berhasil dalam Program Beasiswa di Nantong University Tiongkok tersebut.

"Atas nama Civitas Akademik MAN Insan Cendekia Kota Kendari, saya mengucapkan selamat kepada ananda Andi Siti Nuraida, Insyaa Allah prestasi yang ditorehkan ini akan menjadi dakwah dan memberi motivasi kepada siswa lainnya sehingga juga bisa berprestasi yang sama untuk diterima di perguruan tinggi luar negeri, khususnya kepada para siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari", tutup Muhammad Naim.

 

 

Bagikan Ke:

Populer