blog-img

Siswa MAN IC Kota Kendari Raih Duta Harmoni Inisiator Muda Moderasi Beragama 2021 Kategori Literasi

Admin | Pendidikan |

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni Inisiator Muda Moderasi Beragama Tahun 2021 Kategori Pegiat Literasi.

Duta Harmoni Moderasi Beragama merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dalam rangka memberikan penguatan pemahaman moderasi beragama bagi siswa Madrasah. Kegiatan yang bertujuan memberikan penguatan pengembangan karakter siswa madrasah dalam moderasi beragama yang diperuntukkan bagi siswa-siswi Madrasah Aliyah se- Indonesia Tahun 2021 mengambil tema: Duta Harmoni, Duta Hebat Bermartabat, Moderat dan Anti Korupsi.

Melalui kegiatan Pelatihan/Mentoring Insiator Muda Moderasi Beragama tahun 2021, Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI mengukuhkan 50 Duta Harmoni Madrasah yang terpilih dari proses seleksi proposal rencana aksi yang diajukan oleh para siswa Madrasah Aliyah se- Indonesia. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Pelatihan/Mentoring Motivator Muda Moderasi Beragama Tahun 2021 telah berlangsung di Bogor, Jawa Barat (24 - 27 November 2021).

Dalam kegiatan ini, mereka telah mempresentasikan hasil aksinya. “Mengingat, moderasi itu adalah sebuah proses, sehingga hasil atau praktiknya adalah toleransi,” dan Direktorat KSKK juga telah melakukan proses pendampingan. Oleh karena itu, fokus dari program Duta Harmoni ini bukan sekadar internalisasi ajaran agama, tetapi juga penekanan pada peran aktif mereka dalam memetakan dan mengatasi berbagai persoalan kehidupan sosial masyarakat, tegas Nanik. 

Dari 40 (Empat Puluh) orang yang dikukuhkan sebagai Duta sesuai kategori berdasarkan “keunikan” rencana aksinya tersebut, 1 (Satu) orang diantaranya adalah Najla Khaulah Safinatunnajah, siswa Kelas XII IPA 1 MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sulawesi Tenggara terpilih sebagai Duta Harmoni Inisiator Muda Moderasi Bergama Tahun 2021 dengan Kategori Pegiat Literasi.

Prestasi yang telah dicapai oleh siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari ini disambut dengan perasaan yang sangat bangga dan bersyukur dari seluruh Civitas Akademika MAN Insan Cendekia Kota Kendari, karena untuk sampai ke tahap ini bukanlah hal yang mudah. Sejak awal seleksi, Najla, begitu sapaan akrabnya, harus bersaing dengan 751 peserta dari seluruh Madrasah Aliyah se- Indonesia. Dan alhamdulilah, Najla mampu berada pada Top 50 (Lima Puluh) sebagai Duta Harmoni Inisator Muda Moderasi Beragama Tahun 2021.

Kepala Madrasah, H. Muhammad Naim sangat merasa bangga dan bersyukur karena salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI yaitu pemilihan Duta Harmoni Insiator Muda Moderasi Beragama tahun 2021, telah menempatkan Najla Khaulah Safinatunnajah dari MAN Insan Cendekia Kota Kendari sebagai salah satu dari 50 Duta Harmoni Inisiator Muda Moderasi Beragama Tahun 2021 dengan Kategori Pegiat Literasi. Oleh karena itu, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi atas capaian tersebut, semoga dengan raihan ini tetap menjadikan motivasi kepada ananda Najla dan anak-anak yang lain untuk tetap semangat dalam belajar dan berlatih, sehingga siswa MAN IC Kota Kendari dapat terus berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik, tutupnya.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment