blog-img

MAN IC Kota Kendari Raih Medali Emas di Ajang KSM Tingkat Nasional Tahun 2021

Admin | Prestasi |

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari berhasil meraih medali di ajang bergengsi pada kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional Tahun 2021.

Salah satu angenda tahunan yang sangat bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) adalah Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

Pada pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional tahun 2021 yang telah berlangsung sejak 23 – 25 Oktober 2021 secara online, peserta KSM dari Provinsi Sulawesi Tenggara memusatkan pelaksanaannya di Ruang Laboratorium Komputer Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari. Dari 6 (Enam) Bidang Lomba untuk tingkat SMA/MA, MAN  Insan Cendekia Kota Kendari mengikutkan 2 (Dua) delegasi sebagai peserta KSM dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Kedua siswa yang ikut pada KSM tingkat Nasional tersebut adalah Arif Eka Surya pada Bidang Biologi Terintegrasi dan Muhammad Farisman Anshor pada Bidang Geografi Terintegrasi.

Berdasarkan hasil penilaian pada pelaksanaan seleksi KSM Tingkat Nasional yang telah diumumkan secara daring pada Sabtu, 30 Oktober 2021, diperoleh hasil bahwa 3 (Tiga) delegasi dari Provinsi Sulawesi Tenggara berhasil meraih prestasi pada tingkat Nasional. Dan 2 (Dua) dari 3 (Tiga) delegasi yang berprestasi tersebut merupakan siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari.

Kedua delegasi yang berhasil meraih Medali yaitu Arif Eka Surya berada pada peringkat 2 (Dua) secara Nasional yang kemudian dinobatkan sebagai Peraih Medali Emas pada Bidang Biologi Terintegrasi dan Muhammad Farisman Anshor, peringkat 13 (Tiga Belas) secara Nasional dan dinobatkan sebagai Peraih Medali Perunggu pada Bidang Geografi Terintegrasi.

Alhamdulillah, perolehan 1 Medali Emas dan 1 Medali Perunggu ini menempatkan MAN Insan Cendekia Kota Kendari berada pada posisi 10-12 madrasah/sekolah peraih medali tertinggi dalam Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2021. Posisi 10-12 karena perolehan medalinya sama, yaitu 1 Emas dan 1 Perunggu dan sekaligus menempatkan Provinsi Sulawesi Tenggara pada posisi 15 dari 34 Provinsi se- Indonesia. 

Prestasi yang telah diraih ini tidak lepas dari do’a dan dukungan dari seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara, terutama dukungan dari Kementerian Agama RI dan Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara, serta seluruh orang tua siswa.

Sebagaimana Kakanwil Kemenag Sultra, H. Zainal Mustamin sangat bangga dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada siswa beserta pendamping yang telah berjuang hingga memperoleh hasil yang terbaik.

"Capaian yang membanggakan, terima kasih dan sukses kepada para pendamping dan siswa hebat, mewujudkan madrasah yang mandiri berprestasi," ungkapnya melalui petikan dari berita website Kemenag Sultra.

Dengan diraihnya prestasi di ajang nasional ini, membuktikan jika harapan Sultra untuk mengukir prestasi di kancah Nasional bukan sekedar isapan jempol belaka," pungkas Kakanwil.

Sementara itu, Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, H. Muhammad Naim juga menyampaikan terima kasih atas kerja ikhlas dan kerja kerasnya kepada seluruh dewan guru dalam memberikan pedampingan dan pembimbingan kapada siswa-siswi MAN IC Kota Kendari. Secara khusus, saya mnyampaikan terima kasih kepada Andi Baso Sofyan sebagai Pembimbing bidang Geografi Terintegrasi, Ahmad Bisri dan Adillah Fauziah, serta Muhammad Naim sebagai asisten pembimbing pada Bidang Biologi Terintegrasi, pungkasnya.

“Insha Allah, target madrasah kita pada kegiatan KSM tahun 2022 adalah 4 medali. Mari kita bersama meneguhkan komitmen dan mengoptimalkan ikhtiar untuk memberikan pendampingan pembelajaran terbaik bagi siswa-siswi kita di MAN IC Kota Kendari”.

H. Muhammad Naim sangat merasa bangga dan bersyukur atas raihan kedua siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang berhasil meraih prestasi pada pelaksanaan KSM Tingkat Nasional karena walaupun di masa pandemi Covid-19 anak-anak tetap memberikan prestasi untuk MAN IC. Oleh karena itu, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi atas capaian tersebut, semoga dengan raihan ini tetap menjadikan motivasi kepada anak-anak untuk tetap semangat dalam belajar dan berlatih, terutama karena kedua siswa yang berprestasi ini juga sedang menghadapi pelaksanaan kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN) pada tingkat Nasional yang akan di gelar pada 8 November 2021, tutupnya.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment