blog-img

UIN Sunan Gunung Djati Bandung Terima Alumni MAN IC Kota Kendari Tanpa Tes

admin | Pendidikan |

Kendari (Humas Sultra) --- kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari tandatangani perjanjian kerja sama bidang kelembagaan dengan Wakil Rektor IV UIN Sunan Gunung Djati melalui Nota Kesepahaman (MoU) tahun 2023.

MAN Insan Cendekia sebagai salah satu model satuan pendidikan jenjang menengah dengan ciri khas utamanya memadukan antara Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan pengayaan pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan sekolah/madrasah yang lain.

Pertama, pengembangan kurikulum dan pembelajaran di MAN Insan Cendekia senantiasa mengacu pada standar mutu di atas standar nasional pendidikan yang berbasis keunggulan lokal; kedua, pembelajaran di MAN Insan Cendekia senantiasa dikelola berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dengan dukungan pendidik dan tenaga kependidikan yang memenuhi kualifikasi yang disyaratkan; ketiga, fasilitas pembelajaran yang tersedia mampu memenuhi persyaratan kesehatan, keselamatan, kenyamanan, dan keamanan; keempat, peserta didik dan guru wajib tinggal di asrama yang dikelola secara profesional; kelima, MAN Insan Cendekia senantiasa mewajibkan peserta didik dapat  berkomunikasi sehari-hari di lingkungan madrasah dengan menggunakan bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab.

Keunggulan tersebut diharapkan mampu melahirkan lulusan MAN Insan Cendekia yang kuat akidah dan pengetahuan keagamaanya, luas dan dalam wawasan pemikirannya, serta mampu menguasai kompetensi yang ditetapkan. Sehingga, pada gilirannya lulusan MAN Insan Cendekia dapat diterima diberbagai perguruan tinggi terkemuka, baik di dalam maupun di luar negeri dan bermanfaat bagi kehidupan di masyarakat.

Berdasarkan keunggulan yang dimiliki MAN Insan Cendekia, khususnya MAN Insan Cendekia Kota Kendari telah mendorong beberapa Universitas unggulan yang ada di Indonesia seperti Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung merasa terpanggil untuk melakukan kerja sama dalam bidang kelembagaan agar siswa lulusan dari MAN Insan Cendekia Kota Kendari bisa masuk unviersitas tersebut tanpa melalui seleksi atau tes. Hal ini dapat dilihat melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara MAN Insan Cendekia Kota Kendari dengan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dilakukan Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Dr. H. Muhammad Naim, S.Pi., M.Pd bersama Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang diwakili oleh Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si pada Sabtu, 18 Februari 2023 di MAN Insan Cendekia Serpong.

Penandatangan MoU ini dilakukan untuk meningkatkan mutu dari kedua lembaga masing-masing meliputi bidang pendidikan, pelatihan, pengembangan madrasah, pengabdian masyarakat, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dan kegiatan lain yang telah disepakati oleh kedua pihak yaitu penerimaan Mahasiswa Baru dari Alumni MAN Insan Cendekia Kota Kendari dan MAN Insan Cendekia lain di Indonesia dapat dilakukan melalui jalur prestasi atau jalur tanpa Tes pada semua fakultas.

Dalam sambutannya, Prof. Ulfiah menyampaikan bahwa kerja sama ini dilakukan untuk mengakomodir capaian kompetensi lulusan MAN Insan Cendekia di seluruh Indonesia. Melalui kerja sama ini diharapkan semua lulusan MAN Insan Cendekia bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi favorit, salah satunya di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Menurut Prof. Ulfiah, saat ini UIN Bandung sedang berikhtiar untuk melakukan rekognisi secara internasional, sehingga MoU dengan MAN Insan Cendekia Kota Kendari merupakan langkah yang sangat strategis karena input (lulusan) yang akan masuk ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung adalah siswa MAN IC yang memiliki kemampuan dan nilai akademik yang bagus, sehingga diharapkan dapat berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kualitas input lembaga.

Sementara itu, Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Dr. H. Muhammad Naim, S.Pi., M.Pd sangat menyambut baik kerja sama tersebut dan berharap agar MoU ini menjadi sebuah langkah strategis yang dapat mendorong peningatan kualitas MAN Insan Cendekia Kota Kendari secara kelembagaan.

Menurut Muhammad Naim, penandatangan MoU ini bukan tanpa dasar, sebab MAN Insan Cendekia Kota Kendari merupakan satu-satunya madrasah/sekolah terbaik di Provinsi Sulawesi Tenggara dan juga termasuk dalam 1000 madrasah/sekolah terbaik di Indonesia berdasarkan versi dari Lembaga Tes Masuk Pergurun Tinggi (LTMPT) sejak tahun 2021 – tahun 2022, tutupnya. 

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment