blog-img

STUDENTS CAREER DAY of MAN INSAN CENDEKIA KOTA KENDARI 2022

Admin | Pendidikan |

Kendari (Humas Sultra) --- Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Moh. Isom, M. Ag. didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, H. Zainal Mustamin, S.Ag., MA., melakukan kunjungan di MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Kamis (27/1).

Melalui kegiatan yang bertajuk Students Career Dayof MAN Insan Cendekia Kota Kendari 2022 yang diberi tema “Raih Prestasimu, Temukan Masa Depanmu”, Direktur KSKK Madrasah menyampaikan Pidato Utama (Keynote Speech) dihadapan seluruh siswa bersama Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang dilaksanakan di Aula MAN Insan Cendekia Kota Kendari.

Dalam pidato utamanya, Prof. H. Moh. Isom menyampaikan beberapa hal diantaranya, bahwa MAN Insan Cendekia Kota Kendari merupakan salah satu madrasah yang harus mampu menciptakan kemandirian. Kemandirian berarti bahwa madrasah tersebut memiliki kebebasan atau merdeka untuk melakukan inovasi dalam pembelajarannya. Kemandirian itu terutama kemandirian dalam belajar, kemandirian dalam berpikir, kemandirian dalam berpendapat, dan kemandirian dalam bersikap, serta memiliki kemandirian dalam mengelola emosional dan memiliki kebijaksanaan merupakan ciri orang yang matang kepribadiannya.

“Orang yang memiliki kemandirian intelektual akan menunjukkan kematangan dalam hal akademik. Orang yang matang secara akademik bukan orang yang suka merasa benar sendiri namun orang tersebut selalu mempunyai perspektif, mempunyai pemahaman, mempunyai pembanding, dan berpihak pada kebenaran”.  Prof. H. Moh. Isom berharap agar MAN Insan Cendekia Kota Kendari menjadi madrasah yang mandiri dan berprestasi sebagai wujud kesempurnaan dari proses pendidikan yaitu harus mampu berprestasi sebagai hasil dari jeri payah kita dalam menguras tenaga dan pikiran, serta menguras waktu, sehingga diharapkan madrasah mampu meraih prestasi baik dalam prestasi akademik, prestasi yang inovatif dan kreatif, tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Madrasah H. Muhammad Naim menyampaikan laporan perkembangan MAN Insan Cendekia Kota Kendari sejak memulai kegiatan operasionalnya sebagai satuan pendidikan tahun 2016 sampai dengan saat ini tahun 2022 yang telah memasuki tahun ke- 6. Sejak awal berdirinya, MAN Insan Cendekia Kota Kendari telah memberikan banyak prestasi baik di tingkat lokal, nasional, bahkan pada tingkat internasional. Untuk tahun 2021, siswa-siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari mampu meraih berbagai prestasi nasional dan internasional diantaranya, pada ajang KSM Nasional sebagai peraih medali Emas bidang Biologi Terintegrasi dan medali Perunggu pada Bidang Geografi Terintegrasi, serta meraih medali Perunggu pada ajang International Applied Biology Olympiad (IABO). Sementara dari sisi kelembagaan, MAN Insan Cendekia Kota Kendari memperoleh penghargaan dari Menteri Agama RI sebagai salah satu madrasah terbaik dengan menempati peringkat 25 Madrasah Aliyah Terbaik Nasional dan menempati peringkat 1 madrasah/sekolah di Provinsi Sulawesi Tenggara, berdasarkan hasil UTBK (ujian Tulis Berbasis Komputer) tesmasuk perguruan tinggi negeri yang telah dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahun 2021.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment