blog-img

OSIS MAN IC Kota Kendari Gelar Kegiatan I-Smart Competition 2024

admin | Pendidikan |

Kendari (Humas Sultra) --- OSIS MAN Insan Cendekia Kota Kendari laksanakan Kegiatan I-Smart Competition Tahun 2024.

Kegiatan I-Smart Competition Season V tahun 2024 merupakan salah satu Event Tahunan yang diselenggarakan oleh Osis MAN Insan Cendekia Kota Kendari. Kegiatan  I-Smart Competition merupakan wadah madrasah terkhusus Panitia dan Pengurus OSIS MAN Insan Cendekia Kota Kendari untuk mengembangkan potensi diri dan keterampilan terutama dalam memanajemen kegiatan yang berskala cukup besar, cakupannya se-Sultra. Kegiatan yang dilaksanakan OSIS ini diharapkan dapat berdampak positif bagi nama baik madrasah selaku penyelenggara.

Ketua Panitia I-Smart Competition 2024, Arif Talayansah mengatakan bahwa pada kegiatan I-Smart Competition Season V tahun 2024 diikuti sebanyak 12 SMP/MTs sederajat se-Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni Kabupaten Muna, Kabupaten Konawe, serta beberapa sekolah lain yang berasal dari Kota Kendari dengan 13 cabang lomba yang dibagi dalam 3 bidang yakni, Olimpiade Sains, Bahasa dan Sastra, serta Jurnalistik. Kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari, mulai hari ini, Selasa, 5 Maret hingga Sabtu, 9 Maret 2024”.

“Jadi cabang lombanya itu terdiri dari Olimpiade Sains IPA, IPS, dan Matematika, Lomba Cepat Tepat (LCT) IPA, IPS, dan Matematika, Rangking 1, serta beberapa cabang lomba lainnya seperti debat Bahasa Indonesia, debat Bahasa Inggris, Story Telling, Poster Digital, dan cabang lomba baru yaitu Liputan Berita,” tambahnya.

Misalnya dalam lomba peliputan berita, masing-masing SMP/MTs mengutus tim yang terdiri dari tiga orang. Untuk perlombaan, setiap tim membuat liputan berita (video dan artikel) selama I-Smart Competition berlangsung.

“Semoga semua peserta se-Sulawesi Tenggara ini bisa mengenal MAN Insan Cendekia Kota Kendari sehingga sekolah ini semakin terkenal” ujar Lasrif.

Sementara itu, Kepala Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, H. Muhammad Naim, menyampaikan bahwa kegiatan I-Smart Competition 2024 merupakan kegiatan tahunan yang telah dimulai sejak 2019 lalu. Kegiatan ini merupakan wadah bagi sekolah terkhusus para Pengurus OSIS untuk turut mengembangkan potensi diri dalam memanajemen kegiatan dengan skala cukup besar (se- Sultra).

“Yah, saya piker dengan begini siswa kami terutama penyelenggara dalam hal ini OSIS bisa terus belajar dalam membuat sebuah kegiatan,” katanya saat wawancara.

Naim menjelaskan, pihaknya selalu mendorong kegiatan ini agar cakupannya bisa terus membesar setiap tahunnya, dalam artian baik dari sisi keterlibatan peserta maupun jangkauan sekolah/madrasah yang ikut berpartisipasi. "Harapannya, kegiatan ini bisa menghasilkan output yang baik dan melahirkan siswa-siswi yang cerdas dan berprestasi", tutupnya.

Kegiatan I-Smart Competition Season V tahun 2024 dibuka secara resmi pada Selasa 5 Maret 2024 oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sultra, H. La Rija. 

Melalui sambutannya, H. La Rija berharap agar kompetisi ini bisa menjadi ajang bagi para siswa-siswi SMP/MTS untuk mengasah dan meningkatakan kemampuan pada bidang sains maupun seni untuk masa depan yang lebih baik. “Sesuai dengan temanya, bahwa sekarang ini kita hidup di jaman teknologi, sehingga kita harus berpikir ke depan jangan ke belakang, ” ujarnya.

“Saya selalu mengapresiasi setiap kegiatan yang dilakukan oleh siswa MAN Insan Cendekia Kota kendari. Saya berharap MAN Insan Cendekia Kota Kendari tetap menjadi madrasah yang terbaik di Sulawesi Tenggara” tutupnya.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment