blog-img

MAN Insan Cendekia Kota Kendari Sabet Medali pada Ajang COMIC dan PAMER di Universitas Halu Oleo Tah

Admin | Prestasi |

Kendari (Humas Sultra) --- MAN Insan Cendekia Kota Kendari Sabet Juara pada kegiatan COMIC (Competition of Chemistry  Sains) Part V Tingkat SMA/MA/SLTA se- Sulawesi Tenggara Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia, FMIPA Universitas Halu Oleo tahun 2022.

MAN Insan Cendekia Kota Kendari Sabet Juara 1, 2, 4, 5, dan 6 dalam Lomba Kompetisi Teori Kimia pada kegiatan COMIC (Competition of Chemistry  Sains) Part V Tingkat SMA/MA/SLTA se- Sulawesi Tenggara Tahun 2022 yang dilaksankan sejak tanggal 21 s/d 24 Maret 2022 dengan mengusung tema “Eksistensi dan Startegi Generasi Milenial sebagai Agent Of Change untuk Menopang Pembangunan Pasca Pandemi Covid- 19 Menuju Era Society 5.0” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia, FMIPA Universitas Halu Oleo tahun 2022.

Beberapa siswa berprestasi pada cabang Lomba Kompetisi Teori Kimia (KTK), antara lain:

1. Juara Satu, Zafira Ramadina Nurulfida, Kelas X IPA 2

2. Juara Dua, sitti Musridhawati Ramadhani Basri, Kelas XI IPA 1

3. Juara Empat, Nazwa Auralia pakaya, Kelas X IPA 3

4. Juara Lima, Nur Fadila Cahyani, Kelas XI IPA 1

5. Juara Enam, Nabhil Nndana, Kelas X IPA 1

Sandi Saputra, S. Pd sebagai salah satu guru pendamping yang sekaligus guru pembimbing Tim Olimpiade Kimia menuturkan bahwa prestasi ini merupakan buah dari persiapan anak-anak dalam melakukan bimbingan secara instensif. “Alhamdulillah, berkat usaha, kerja keras, dan doa serta dukungan dari madrasah, guru, dan orang tua siswa sehingga anak-anak kita dapat meraih pencapaian yang sangat baik ini”. Tentunya ini menjadi motivasi kepada anak-anak agar mereka terus belajar dan mengembangkan diri termasuk motivasi kepada anak-anak yang lainnya.

Selain berprestasi pada Bidang Kimia, siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari juga meraih prestasi sebagai Juara 2 pada ajang Pekan Matematika Regional (PAMER) session XV yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP UHO, yang telah berlangsung sejak tanggal 21 s/d 26 Maret 2022.

Beberapa siswa yang berprestasi pada cabang Lomba Cerdas Cermat Matematika (LCCM) setelah pada babak Final bertarung bersama SMA Negeri 1 Kendari, SMA Negeri 4 Kendari, dan SMA Negeri Ladongi tersebut, antara lain:

1. Fauziah Fathrani Putri Ajiska, Kelas XI IPA 2

2. Hanif Jawahir, Kelas XI IPA 3

3. Ilya Aisyah Hawariy, Kelas X IPA 1

Tina Suryawati, S. Pd., M. Pd sebagai salah satu guru pendamping yang sekaligus guru pembimbing Tim Olimpiade Matematika mengungkapkan perassaan bangganya kepada anak-anak karena menurutnya, tim yang ikut lomba pada kegiatan ini awalnya hanya tim cadangan, sementara tim inti yang telah dipersiapkan sebelumnya batal diikutkan dalam kegiatan lomba tersebut karena pertimbangan dan alasan tertentu, sementara waktu untuk pelaksanaan kegiatan lomba tersisa 3 hari lagi. Namun kondisi ini tidak menyurutkan niat anak-anak dan mereka tetap optimis bahwa anak-anak MAN IC adalah anak-anak yang terbaik. Walaupun tahun ini tidak dapat membawa piala sebagai juara umum, Insya Allah piala bergilir akan kami rebut di tahun depan dengan persiapan yang lebih matang, sambungnya dengan penuh keyakinan dan optimisme yang kuat.

Sebelumnya juga, siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari telah meraih prestasi pada Bidang Literasi secara Nasional melalui ananda Najla Khaulah Safinatunnajah, XII IPA 1 yang berhasi meraih prestasi sebagai 100 Nominator Karya Terbaik secara Nasional pada kegiatan Lomba Menulis Cerpen Siswa Tingkat Nasional dalam Program Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) Nasional yang diselenggarakan oleh Nyalanesia selama Periode April tahun 2021 hingga Maret tahun 2022 dalam Lomba Kategori Menulis Cerpen yang berjudul "KALA SANG PELUKIS SEMESTA CEMBURU".

Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Dr. H. Muhammad Naim, S. Pi., M. Pd turut bersyukur dan bangga atas prestasi yang telah diraih siswa-siswi MAN Insan Cendekia Kota Kendari. Alhamdulillah, selamat dan sukses kepada tim Olimpiade Kimia dan Tim Olimpiade Matematika  atas prestasi yang telah diraih baik pada kegiatan Competition of Chemistry  Sains (COMIC) Bidang Lomba Kompetisi Teori Kimia (KTK) maupun pada ajang Pekan Matematika Regional (PAMER) yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Matematika pada Universitas Halu Oleo Tahun 2022.

Capaian ini menjadi salah satu indikator bahwa raihan prestasi MAN Insan Cendekia Kota Kendari tidak hanya sekedar mengandalkan potensi unggul yang dimiliki siswa tertentu namun juga didukung oleh sistem pembelajaran yang berlangsung secara terukur. Selain itu, pembinaan intensif oleh guru pembimbing dan dukungan dari orang tua siswa semakin memaksimalkan proses pembelajaran di MAN Insan Cendekia Kota Kendari.

Akhirnya, selamat kepada seluruh siswa atas prestasi yang telah diraih. Terima kasih kepada Bapak/Ibu guru, staf dan orang tua siswa khususnya kepada Pembina Tim Lomba Bidang Kimia; bapak Sandi Saputra dan Ibu Tini Kaimudin, Pembina Tim Lomba Bidang Matematika; Ibu Tina Suryawati, Bapak Munawir, dan Ibu Waode Purnawati, serta Pembina Tim Bidang Literasi Bahasa Indonesia; Ibu Yuniar Apriliayanti dan Ibu Lisnasari yang telah mempersiapkan, membina dan mendampingi anak-anak kita sehingga mampu tampil secara kompetitif dalam berbagai event tersebut, "tutupnya.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment