blog-img

MAN Insan Cendekia Kota Kendari Gelar “Tahfidz Camp”

Admin | Pendidikan |

Kendari (Humas Sultra) --- Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari Dr. H. Muhammad Naim, S. Pi., M. Pd membuka pelaksanaan kegiatan Tahfidz Camp di Masjid Al- Islah MAN IC Kota Kendari.

Salah satu program Unggulan MAN Insan Cendekia Kota Kendari sebagai madrasah dengan system Boarding School khusunya dalam Bidang Keasramaan adalah program Tahfidz Camp yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan. Program Tahfidz Camp MAN Insan Cendekia Kota Kendari dilaksanakan sejak tanggal 5 hingga 23 April 2022. Untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan bagi para siswa melalui Program Tahfidz Camp, maka kegiatannya terfokus dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an bagi siswa kelas X dan kelas XI.

Program Tahfidz Camp yang dilaksanakan pada Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah tahun 2022 Masehi ini sejalan dengan agenda program pembelajaran yang telah disusun baik oleh madrasah maupun pemerintah bahwa setiap madrasah dapat menyelenggarakan program bimbingan ibadah Ramadhan dan penguatan kompetensi beragama yang terkait dengan pelaksanaan puasa misalnya Pondok Ramadhan atau aktivitas pembinaan keagamaan lainnya dengan tetap wajib memperhatikan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid- 19.

Program Tahfidz Camp dilaksanakan melalui bimbingan dan pendampingan langsung oleh Wakamad Keasramaan, Agustan, S. Pd. I bersama beberapa Guru Bina Asrama. Selain itu, pihak madrasah juga mendatangkan para pembina dan pendamping yang berasal dari luar madrasah melalui kerja sama dengan pihak eksternal yaitu dari IAIN Kendari dan Pondok Pesantren yang telah berpengalaman dalam proses menghafal Al- Qur’an. Kegiatan ini bukan hanya sekadar mengajarkan hafalan tetapi juga membenarkan bacaan, makharijul huruf, dan tajwid para siswa.

Selain itu, para wali kelas, seluruh tenaga pendidik dan kependidikan juga secara bergiliran melakukan pendampingan dan mengontrol aktivitas siswa dalam melaksanakan kegiatan Tahfidz Camp yang berlangsung secara terpusat di Masjid Al- Islah MAN IC Kota Kendari.

Kepala madrasah, Dr. H. Muhammad Naim, S. Pi., M. Pd pada acara pembukaan kegiatan Tahfidz Camp menyampaikan agar anak-anak dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga diharapkan anak-anak dapat memiliki bekal hapalan Al- Qur’an yang baik.

“Saya berharap semoga ilmu pengetahuan yang diperoleh khususnya mengenai Ilmu Pengetahuan Agama Islam dapat menjadi pondasi bagi anak-anak ku yang sholeh dan sholehah dalam memahami terutama dalam level yang lebih sulit adalah mampu menghayati, menerapkan, dan mengamalkan pengetahuan dan pengalaman agama tersebut dalam kehidupan sehari-hari”.

Semoga pelaksanaan kegiatan Tahfidz Camp ini mampu memberi semangat bagi anak-anak ku untuk menghapalkan Al-Qur’an. Buatlah target yang maksimal dan motivasilah diri kalian dengan baik dan sungguh-sungguh sehingga kalian dapat menyadari akan banyaknya kemuliaan bagi penghapal Al-Qur’an, apalagi kegiatan ini dilaksanakan di bulan Suci Ramadhan karena Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia sebagai bulan diturunkannya Al- Qur’an, tutupnya.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment