blog-img

MAN IC Kota Kendari Raih Predikat Akreditasi A dari BAN SM Tahun 2023

admin | Prestasi |

Kendari (Humas Sultra) --- MAN Insan Cendekia Kota Kendari berhasil meraih Predikat Akreditasi “A” berdasarkan hasil penilaian akreditasi (Visitasi) dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggra Tahun 2023.

Akreditasi merupakan prosedur yang digunakan oleh lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi atau seseorang mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu. Sementara, Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) merupakan badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tahun 2023.

Melalui penggunakan perangkat akreditasi, tim asesor melakukan penilaian terhadap sekolah/madrasah. Kegiatan ini dilakukan melalui pengamatan lapangan, wawancara dengan warga sekolah/madrasah, verifikasi atau pencermatan ulang berbagai data isian instrumen akreditasi, serta pendalaman hal-hal khusus terkait dengan komponen dan aspek akreditasi. Visitasi ini dilakukan untuk meningkatkan kecermatan, keabsahan, serta kesesuaian antara fakta dengan data yang diperoleh melalui pengisian instrumen akreditasi melalui aplikasi Sispena-S/M (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah). Di samping itu, dengan visitasi ini diharapkan dapat diperoleh data dan informasi tambahan mengenai keadaan yang sesungguhnya dari sekolah/madrasah yang diakreditasi.

Akreditasi ini dilakukan dengan tujuan memperoleh gambaran mengenai keadaan kinerja sekolah/madrasah dalam menyelenggarkan pendidikan yang dapat digunakan sebagai dasar dan alat untuk melakukan pembinaan serta pengembangan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah/madrasah. Akreditasi suatu lembaga sekolah/madrasah penting bagi masyarakat karena hasil akreditasi menggambarkan mutu suatu lembaga. Dengan demikian, masyarakat dapat mengetahui dan memilih lembaga yang mana yang akan dituju untuk menyekolahkan anaknya.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka melalui tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) melakukan penilaian terhadap sekolah/madrasah terkait pelaksanaan Akreditasi di Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara yang salah satu sasaran dari penilain atau visitasi Akreditasi adalah MAN Insan Cendekia Kota Kendari.

Berdasarkan surat Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Nomor: 477/BAN-SM/SK/2023 tanggal 28 April 2023 tentang penetapan hasil dan rekomdasi Akreditasi sekolah/Madrasah tahun 2023, menetapkan bahwa MAN Insan Cendekia Kota Kendari telah divisitasi, divalidasi, diverifikasi dan telah memenuhi persyaratan untuk ditetapkan hasil akreditasinya melalui Rapat Pleno BAN S/M. Dan berdasarkan pertimbangan tersebut dinyatakan bahwa MAN Insan Cendekia Kota Kendari terakreditasi dengan Nilai Predikat Akreditasi “A (Unggul)” dengan nilai 95 yang akan berlaku selama 5 (Lima) tahun.

Capaian prestasi Akreditasi MAN Insan Cendekia Kota Kendari dengan Predikat Akreditasi “A” merupakan suatu kesyukuran dan kebanggaan yang luar biasa mengingat usia MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang baru didirikan sejak tahun 2016 dengan Predikat Akreditasi sebelumnya yang terakreditasi dengan Nilai Predikat Akreditasi “B”.

Berdasarkan capaian tersebut, Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Dr. H. Muhammad Naim, S. Pi., M. Pd. merasa sangat bangga dan mengucapkan terima kasih serta penghargaan kepada seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang telah bekerja keras dalam menyukseskan pelaksanaan Penilaian Akreditasi MAN Insan Cendekia Kota Kendari tahun 2023, sehingga mampu mengantarkan pencapaian Hasil Akreditasi Terbaik dengan Predikat “A (Unggul)”.

“Mari kita semua sama-sama bersemangat dan bertekad untuk memberikan pelayanan yang LEBIH BAIK lagi dan yang paling terpenting kita mampu mempertahankan prestasi yang telah dicapai pada pelaksanaan Akreditasi MAN Insan Cendekia Kota Kendari tahun 2023”, tutupnya.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment