blog-img

MAN IC Kota Kendari Gelar Tes SNPDB Tahun 2024 Berbasis CBT di 6 Tilok

admin | Pendidikan |

Kendari (Humas Sultra) --- MAN Insan Cendekia Kota Kendari Gelar Tes SNPDB tahun pelajaran 2024/2025 Berbasis Computer Based Test  (CBT) pada 6 (Enam) Titik Lokasi di Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.

MAN Insan Cendekia Kota Kendari merupakan satu-satunya sekolah/madrasah terbaik se- Sulawesi Tenggara yang ditetapkan oleh lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia berdasarkan perolehan Nilai Rata-Rata Total Tertinggi hasil UTBK.

Dalam upaya menjamin mutu penyelenggaraan MAN Insan Cendekia, maka Kementerian Agama menerapkan sistem Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) berbasis CBT sebagai salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik baru yang memiliki potensi kecerdasan yang tinggi dan berkualitas di bidang akademik, keimanan dan ketakwaan, serta mempunyai wawasan kebangsaan yang tinggi sehingga diharapkan nantinya peserta didik tersebut mampu mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka MAN Insan Cendekia Kota Kendari melaksanakan tes SNPDB berbasis CBT secara serentak di seluruh Indonesia pada 2 – 3 maret 2024. Sementara, materi seleksi bagi calon peserta didik baru MAN IC Tahun 2024 meliputi: Tes kepribadian, Tes Potensi Belajar (TPB) yang terdiri atas tes penelusuran bakat minat, tes kemampuan numerik, kemampuan verbal, dan penalaran analitik, serta Tes Potensi Akademik (TPA) yang meliputi bidang penalaran Matematika, literasi keislaman (Pendidikan Agama Islam dan Moderasi Beragama), dan literasi membaca (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris).

Berdasarkan hasil Seleksi Berkas yang telah diumumkan pada 20 Februari 2024 dinyatakan bahwa dari 425 (Empat Ratus Dua Puluh Lima) calon peserta yang menjadikan MAN Insan Cendekia Kota Kendari sebagai pilihan 1, terdapat 389 calon Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang dinyatakan lulus untuk mengikuti tes SNPDB tahun 2024 berbasis CBT, sementara 36 orang dinyatakan tidak lulus berkas karena tidak memenuhi syarat pendaftaran atau tidak dapat menyelesaikan proses pendaftaran.

Dari jumlah 389 tersebut, sebagian besar peserta memilih tes di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dan beberapa peserta lainnya memilih tes di luar Provinsi Sulawesi Tenggara. Adapun yang memilih untuk melaksanakan tes di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara sebanyak 386 peserta yang tersebar pada 6 (Enam) titik lokasi yaitu di MAN Insan Cendekia Kota Kendari sebanyak 243 peserta (27 peserta tidak hadir), MAN 1 Baubau sebanyak 19 peserta (3 peserta tidak hadir), MTsN 1 Kolaka Utara sebanyak 36 peserta (5 peserta tidak hadir), MTsN 1 Buton Tengah sebnyak 30 peserta (1 peserta tidak hadir), MTsN 1 Muna sebanyak 37 peserta (23 peserta tidak hadir), dan MTsN 1 Wakatobi sebanyak 21 peserta hadir semua. Sehingga total peserta yang dinyatakan hadir mengikuti seleksi sebanyak 327 orang dan sebanyak 59 peserta dinyatakan tidak hadir. Namun, dari jumlah 386 tersebut, beberapa peserta yang ikut tes di Provinsi Sulawesi Tenggara, ada beberapa peserta yang memilih MAN IC lain, begitu juga sebaliknya ada peserta yang memilih MAN Insan Cendekia Kota Kendari tapi mengikuti CBT pada lokasi tes di luar Provinsi Sulawesi Tenggara. Sementara kuota yang akan diterima pada SNPDB tahun pelajaran 2024/2025 di MAN Insan Cendekia Kota Kendari sebanyak 120 orang yang terdiri atas putra 60 orang dan putri 60 orang.

Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari selaku penanggung jawab pada kegiatan SNPDB tahun pelajaran 2024/2025 berharap semoga seluruh peserta yang telah melaksanakan tes dapat terpilih 120 peserta yang dinyatakan lulus dan menjadi bagian dari siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari tahun pelajaran 2024/2025.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment