blog-img

MAN IC Kendari Berhasil Raih Medali di Ajang MYRES Tahun 2023

admin | Prestasi |

Kendari (Humas Sultra) --- Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari Raih Medali di Ajang Nasional Tahun 2023.

Pelaksanaan kegiatan Kompetensi Sains Madrasah (KSM) dan Expo Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tingkat Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan salah satu ajang yang sangat bergengsi yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madarsah.

Sejak pembukaan kegiatan Kompetensi Sains Madrasah (KSM) dan Expo MYRES Tingkat Nasional ke- 12 yang diselenggarakan di Kota Kendari sejak tanggal 3 – 7 September 2023 tersebut, salah satu peserta Grand Final Expo MYRES dari MAN Insan Cendekia Kota Kendari sangat antusias dalam mengikuti segala tahapan penilaian yang dilakukan oleh Tim Juri.

Alhasil, setelah berlangsung selama 4 hari sejak di buka pelaksanaan kegiatan tanggal 3 September 2023 di Balai Kota Kendari, akhirnya tibalah momen yang sangat dinantikan oleh seluruh peserta baik peserta KSM maupun peserta Expo MYRES.

Akhirnya, pada malam puncak acara penutupan KSM dan Expo MYRES yang digelar tanggal 6 September 2023 di Asrama Haji Kota Kendari, Tim MYRES dari MAN Insan Cendekia Kota Kendari, A. Ahmad Abrar Sao-Sao Syamsul dan Lexzy Arbhyanza berhasil meraih medali Perunggu pada Bidang Penelitian Ilmu Keagamaan Islam yang berjudul “Halal Identik dengan Keamanan: Tinjauan dan Perspektif Remaja Perempuan Memilih Kosmetik Berdasarkan Logo Halal”.

Melalui sambutan Menteri Agama yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag memberikan penguatan kepada siswa-siswa madrasah. Bahwa siswa yang telah mengikuti KSM dan Expo MYRES akan memberikan pengalaman yang sangat berharga. Dalam sambutannya ditegaskan bahwa pengalaman akan membentuk karakter unggul, berjuang tanpa lelah, dan membentuk kedewasaan. "KSM ini bukan sekadar lempengan medali, melainkan sebagai pengalaman hidup untuk tetap berjuang agar bisa meraih sukses," tegasnya.

Melalui kesempatan itu pula, Nizar Ali berpesan kepada siswa-siswa madrasah agar tidak berhenti menempa diri, memunculkan karakter dan perilaku mulia. Dirinya menambahkan bahwa siswa-siswa madrasah agar tidak tidak lelah dalam berproses dan tetap tegar melewati rintangan getirnya pahit manis kehidupan.

Sementara itu, Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Dr. H. Muhammad Naim, S.Pi., M.Pd menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT dan memberikan apresiasi atas prestasi yang telah dicapai oleh kedua siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari di Tingkat Nasional.

H. Muhammad Naim sangat bangga dan bersyukur atas raihan kedua siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang berhasil meraih prestasi khususnya untuk Provinsi Sulawesi Tenggara pada pelaksanaan KSM dan Expo MYRES Tingkat Nasional tahun 2023. Secara khusus, saya juga menyampaikan terima kasih kepada Tim Pembimbing MYRES MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Tini Kaimudin, S. Pd., M. Sc bersama Fery Seftiawan, S.Pd., M.Pd dan Yuniar Apriliyanti S., S.Pd., M.Pd.

Prestasi yang telah diraih ini tidak lepas dari do’a dan dukungan dari seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara, terutama dukungan dari Kementerian Agama RI dan Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara, serta seluruh orang tua siswa. Oleh karena itu, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi atas capaian tersebut, semoga dengan raihan ini tetap menjadikan motivasi kepada anak-anak untuk tetap semangat dalam belajar dan berlatih, terutama dalam menghadapi persiapan pelaksanaan KSM dan Expo MYRES Tingkat Nasional tahun 2024 nanti, tutupnya.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment