blog-img

Gerakan Penanaman 10.000 Pohon MAN IC Kota Kendari Tahun 2024

admin | Pendidikan |

Kendari (Humas Sultra) --- Kepala Subdirektorat Bina Guru dan Tenaga Kependidikan (Ka Subdit GTK) MA/MAK pada Direktorat GTK Madrasah Kementerian Agama RI bersama Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan Penanaman 10.000 pohon di MAN Insan Cendekia Kota Kendari tahun 2024.

Gerakan Penanaman dan pemeliharaan 10.000 Pohon di madrasah yang dilakukan secara serentak di seluruh MAN Insan Cendekia merupakan salah satu bentuk kerja sama yang dilakukan Kementerian Agama melalui Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) se- Indonesai dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Kegiatan Penanaman dan Pemeliharaan 10.000 pohon secara serentak tersebut dilaksanakan secara daring sebagai wujud kepedulian terhadap penghijauan dan pelestarian lingkungan di madrasah. Kegiatan tersebut dibuka secara simbolik di MAN Insan Cendekia Serpong Tangerang Selatan, pada Selasa, 27 Februari 2024 oleh Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Dr. Muchamad Sidik Sisdiyanto, M.Pd.

Melalui sambutannya, Direktur KSKK menyampaikan bahwa "Menanam dan memelihara pohon merupakan kegiatan berkelanjutan yang diharapkan memberi manfaat jangka panjang terhadap lingkungan, khususnya lingkungan yang sehat di Madrasah”.

Menurutnya, urusan pelestarian alam bukanlah masalah kecil karena menyangkut masa depan anak cucu kita. Sebenarnya saat kita menanam pohon saat ini, kita sedang menanam doa dan menanam harapan untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang seperti harapan kita semua, lanjut Sidik.

Penanaman dan pemeliharaan pohon juga merupakan salah satu aspek dari Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Pada Satuan Pendidikan Formal (Gerakan PBLHS). Ini sebagaimana disepakati melalui Perjanjian Kerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian dikbudristek, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Agama, tandasnya.

Kepala Pusat Pengembangan Generasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Sinta Saptarina Soeminarno menyampaikan apresiasinya terhadapa gerakan peduli lingkungan yang dilakukan Kementerian Agama di madrasah merupakan Langkah konkrit dalam menjaga dan melestarikan lingkungan dan menjadi Gerakan pionir. Dengan adanya perubahan iklim, kita bisa berinovasi untuk menjaga lingkungan hidup kita. “penanam pohon menjadi sangat penting sebagai upaya strategis dalam mengatasi krisis planet berupa efek perubahan iklim, polusi udara, dan ancaman keaneka ragaman hayati,” ujarnya. Selain itu, Ia menambahkan bahwa penanaman pohon bermanfaat untuk keseimbangan ekologi, juga memiliki manfaat yang multiguna bagi manusia dan semua mahluk hidup, karena menyimpan oksigen dan menghasilkan karbon yang bermanfaat bagi mahluk lain,terang Sinta.

Usai pelaksanaan acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara serentak yang dilaksanakan pada 24 MAN IC seluruh Indonesai melalui zoom. Kegiatan Penanaman dan Pemeliharaan 10.000 pohon di MAN Insan Cendekia Kota Kendari dihadiri oleh Ka Subdit Bina GTK MA/MAK pada Direktorat GTK Madrasah Kementerian Agama RI, Dr. H. Suwardi, M.Pd, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara, Sitti Mardawiah Kasim, S.Ag., M.Si, Kepala MAN IC Kota Kendari, Dr. H. Muhammad naim, S.Pi., M.Pd. bersama seluruh Civitas Akademika MAN Insan Cendekia Kota Kendari.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment