BeritaPrestasi

Luar Biasa, MAN IC Kota Kendari Boyong Medali di Ajang KSM Tingkat Nasional Tahun 2024

Kendari (Humas Sultra) — Siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari berhasil meraih medali di ajang bergengsi pada kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional Tahun 2024.

Salah satu angenda tahunan yang sangat bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) adalah Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

Pada pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional tahun 2024 yang telah berlangsung sejak 2 – 6 September 2024 di Ternate, Maluku Utara yang pelaksanaannya dipusatkan di Asrama Haji Ngade, Kec. Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara, MAN  Insan Cendekia Kota Kendari mengikutsertakan 2 (Dua) delegasi sebagai peserta KSM dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Dari Dua peserta tersebut, Satu siswa berhasil memboyong Medali pada KSM tingkat Nasional.

Berdasarkan hasil penilaian pada pelaksanaan seleksi Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional yang telah disampaikan pada saat acara penutupan yang dilakukan oleh Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK), Bapak H. Muh. Sidik Sisdiyanto pada Jumat malam, 6 September 2024 di Gedung Raudah Asrama Haji Ngade Ternate, diperoleh hasil bahwa salah satu delegasi dari MAN Insan Cendekia Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara berhasil meraih prestasi pada tingkat Nasional yaitu Muh. Adhitia Al A’Raf B. (XII MIPA 1) sebagai Peraih Medali Emas pada Bidang Biologi Terintegrasi sementara satu siswa lainnya yaitu Muhammad Rais Akbar sebagai Finalis pada Bidang Matematika Terintegrasi.

Prestasi yang telah diraih ini tidak lepas dari do’a dan dukungan dari seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara, terutama dukungan dari Kementerian Agama RI dan Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara, terkhusus dari Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sultra yang telah banyak memberikan support serta dukungannya kepada MAN Insan Cendekia Kota Kendari, serta dukungan dan doa dari seluruh orang tua siswa.

Selain itu, salah satunya dari orang tua alumni MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang juga merupakan Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kanwil Kemenag Sultra menyampaikan bahwa prestasi yang telah dicapai oleh siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari merupakan sebuah prestasi luar biasa yang meraih Medali Emas pada KSM tingkat Nasional di Ternate, Maluku Utara. Ini adalah pencapaian yang sangat membanggakan, tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk Man IC Kendari dan seluruh komunitas. Semoga keberhasilan ini menjadi motivasi bagi Adhitia untuk terus berkarya dan berprestasi di masa depan. Teruslah bersemangat dan jadikan prestasi ini sebagai langkah awal menuju kesuksesan yang lebih besar. Bravo!, ungkapnya.

Sementara, Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Ismail Z. Betawi, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa pretasi yang diperoleh hari ini adalah sebuah proses yang tidak berkesudahan karena dengan prestasi ini akan menghantarkan ananda Muh. Adhitia Al A’Raf pada suatu masa yang akan membuktikan bahwa pada prisipnya manusia adalah makhluk yang paling unggul.

“Dengan raihan prestasi ini harus dapat menjadikan ananda tetap merendah dan senantiasa membangun sinergisitas dengan manusia yang lain sehingga kekuatan dan kemampuan sosial menjadi modal utama dalam menentukan posisi Ananda di masa yang akan datang”.

Kepala Madrasah juga menyampaikan terima kasih atas kerja ikhlas dan kerja kerasnya kepada seluruh dewan guru dalam memberikan pendampingan dan pembimbingan kapada siswa-siswi MAN IC Kota Kendari. Secara khusus, saya menyampaikan terima kasih kepada guru Pembimbing dan Pendamping bidang Biologi Terintegrasi, Adillah Fauziah M, S.Pd., dan juga kepada Tim Pembimbing dan Pendamping Matematika Terintegrasi, Tina Suryawati, S.Pd., M.Pd bersama Laode Sugianto, S.Pd., M.Pd, Waode Purnawati, S.Pd., M.Pd serta Munawir, S.Pd, pungkasnya.

Ismail Z. Betawi sangat bangga dan bersyukur atas raihan prestasi siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang berhasil meraih Medali Emas khususnya untuk Provinsi Sulawesi Tenggara pada pelaksanaan KSM Tingkat Nasional tahun 2024. Oleh karena itu, pihaknya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas capaian tersebut, semoga dengan raihan ini tetap menjadikan motivasi kepada anak-anak yang lain untuk tetap semangat dalam belajar dan berlatih, terutama dalam menghadapi persiapan pelaksanaan lomba-lomba yang lain, tutupnya.

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa kami bantu?