Prestasi

MAN Insan Cendekia Kota Kendari Melaju Ke OSN Tingkat Nasional

Sebanyak 3 Siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari berhasil melaju pada OSN Tingkat Nasional Tahun 2024.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu kegiatan yang diselanggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan OSN dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat dalam mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains dan juga ditujukan untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi Tingkat Internasional. Selain sebagai ajang kompetisi, OSN dianggap sebagai platform aktualisasi dan wadah untuk unjuk prestasi bagi peserta didik pada jenjang SD, SMP, dan SMA yang diharapkan mampu membentuk peserta didik yang memiliki prestasi yang dilandasi dengan nilai-nilai kejujuran, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, cinta tanah air, dan berkarakter.

Pada tahun 2024, pelaksanaan kegiatan OSN Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah berlangsung secara serentak di seluruh wilayah kabupaten/kota se- Provinsi Sulawesi Tenggara sejak tanggal 6 — 8 Mei 2024 dengan mengusung tema sentral “Berprestasi dan Berintegritas”, MAN Insan Cendekia Kota Kendari mengikutsertakan 13 (Tiga Belas) Delegasi yang berlaga pada 8 (Delapan) bidang lomba meliputi; bidang Kimia, Astronomi, Biologi, Ekonomi, Matematika, Geogarfi, Fisika, dan Informatika/Komputer.

Seluruh peserta OSN Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara yang berasal dari MAN Insan Cendekia Kota Kendari mengikuti kegiatan Seleksi di Ruang Laboratorium Komputer MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang jadwal pelaksanaan kegiatan seleksi berdasarkan ketentuan dalam Juknis dari Kemdikbud Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) melalui sistem pengawasan online dengan menggunakan camera zoom dari arah muka dan belakang.

Berdasarkan hasil pengumuman yang telah dirilis oleh Pusat Prestasi Nasional melalui Surat Keputusan Plt. Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2024 Nomor: 0928/J7.1/PN.00/2024 tentang Penetapan Peserta Olimpiade Sains Nasional Jenjang SMA/MA sederajat Tingkat Provinsi (OSN-P) Tahun 2024 pada tanggal 7 Juni 2024 yang secara resmi telah diumumkan pada Kamis, 20 Juni 2024, alhamdulillah telah menempatkan 3 (Tiga) siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari sebagai peserta yang berhasil lolos pada bidang studi: Biologi oleh Muh. Adhitia Al A’Raf B., Bidang Kimia oleh Lastrif Talayansa, dan Bidang Matematika oleh Muhammad Rais Akbar. Ketiga siswa berprestasi tersebut, Insyaa Allah akan mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara pada ajang OSN tingkat Nasional tahun 2024 yang akan diselenggarakan pada 26 Agustus – 1 September 2024.

Olimpiade Sains Nasional merupakan ajang yang paling bergengsi karena pesertanya diikuti oleh seluruh siswa MA/SMA/SMK secara berjenjang mulai dari tingkat Satuan Pendidikan, Kabupaten/Kota, Provinsi hingga ke- tingkat Nasional. Oleh karena itu, seluruh Civitas Akademika MAN Insan Cendekia Kota Kendari sangat bersyukur dan patut berbangga serta mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh peserta dan juga kepada para pendamping/pembimbing yang telah berhasil dalam mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara pada ajang OSN tingkat Nasional tahun 2024.

Sementara itu, Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Ismail Z. Betawi, S.Pd., M.Pd menyampaikan perasaan suka citanya atas prestasi yang telah diraih oleh anak-anak. Bahwa apa yang telah diraih oleh anak-anak merupakan hasil dari usaha dan kerja keras serta semangat dari anak-anak dalam mengikuti pembinaan dan pendampingan yang telah diberikan oleh bapak/ibu guru. Dan yang paling terpenting dari semua ini adalah karena adanya ikhtiar dan doa dari semua pihak terutama dari orang tua siswa.

Ismail Z. Betawi juga merasa sangat bangga dan bersyukur atas raihan ketiga siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang dinyatakan lolos melaju pada ajang OSN Tingkat Nasional. Oleh karena itu, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi atas capaian tersebut, semoga dengan raihan ini tetap menjadikan motivasi kepada anak-anak agar tetap semangat dalam belajar dan berlatih untuk mengikuti kegiatan kompetisi pada tingkat nasional nantinya.

“Ucapan terima kasih dan penghargaan juga saya sampaikan kepada bapak/ibu guru atas pembimbingan dan pendampingan yang telah diberikan melalui proses pembelajaran kepada anak-anak dengan baik sehingga mereka mampu memperoleh hasil yang maksimal, tutupnya”.

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa kami bantu?