blog-img

Tiga Siswa Alumni MAN Insan Cendekia Kota Kendari Berhasil Lolos IPDN Tahun 2022

admin | Prestasi |

Kendari (Humas MAN IC Kota Kendari) --- Siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN, SPAN-PTKIN, SBMPTN, maupun Sekolah Tinggi Kedinasan Tahun 2022.

MAN Insan Cendekia Kota Kendari merupakan salah satu madrasah yang menjadi prototipe madrasah unggulan berbasis asrama yang ada di Indonesia khususnya di Provinsi Sulawesi Tenggara. Salah satu Visi Misi MAN Insan Cendekia adalah mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Keimanan dan Ketakwaan (IMTAK), menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan masyarakat.

Sejak didirikan dan mulai beroperasi tahun 2016, MAN Insan Cendekia Kota Kendari sebagai Kampus Prestasi Mandiri Islami terus berbenah. Hal ini dapat dilihat dari berbagai prestasi yang telah ditorehkan MAN IC Kota Kendari baik di tingkat lokal maupun tingkat nasional.

Dari sisi alumni, MAN Insan Cendekia Kota Kendari telah berhasil meluluskan empat angkatan dan tahun 2022 merupakan alumni Angkatan Keempat yang kelulusannya telah dikukuhkan pada tanggal 18 Mei 2022. Pada tahun 2022, alumni Angkatan Keempat MAN Insan Cendekia Kota Kendari berjumlah 83 orang. Berdasarkan jumlah tersebut, sebanyak 70 orang (84%) telah dinyatakan berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri, baik melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Jalur Seleksi Nilai Rapor (SNR), Jalur Prestasi, Jalur Beasiswa, Ikatan Kedinasan, maupun melalui Jalur Mandiri tahun 2022.

Pada tahun 2022, sebanyak 70 siswa dari  83 siswa angkatan ke- 4 yang telah dinyatakan lulus Ujian Masuk Perguruan Tinggi, 2 (Dua) diantaranya merupakan Alumni MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang telah dinyatakan lulus melalui Seleksi Calon Praja pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yaitu An. Nur Afifah Alda Yahya dan Muhammad Andika Raja Nepa. Sementara 1 (Satu) siswa merupakan Alumni Angkatan Pertama An. Ainun Jannatun Adnan.

Berdasarkan hasil wawancara via WA, Nur Afifah Alda Yahya yang terlahir sebagai anak ke- 2 dari 4 bersaudara pasangan dari Bapak Sadafin S. Pd., M. Pd (PNS) di SMPN 1 Baubau dan Ibu Dr. Wa Ode Alzarliani (Dosen) di Universitas Muhamadiyah Buton (UMB) mengaku sangat senang dan bersyukur. “Alhamdulillah, saya merasa sangat senang dan bersyukur kepada Allah SWT atas keberhasilan ini dan semoga saya dapat menempuh pendidikan ini dengan sukses dan lancar, harapnya”.

Muhammad Andika Raja Nepa sebagai anak ke- 1 dari 4 bersaudara yang terlahir dari pasangan Bapak Amril Rajanepa yang saat ini sedang bertugas di Polsek Landono Konawe Selatan dan Ibu Melti AM (IRT) juga mengungkapkan perasaan bangga dan bersyukur karena dapat diterima sebagai Calon Praja pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). “Alhamdulillah, saya merasa sangat bahagia dan bersyukur kepada Allah SWT karena telah memberikan rezekinya yang melimpah terhadap saya dan semoga saya dapat menempuh pendidikan ini dengan sukses dan lancar, penuh harap”.

Sementara, Ainun Jannatun Adnan merupakan anak ke- 1 dari 4 bersaudara dari pasangan Bapak Nur Adnan Aga, SKM., M. Kes. (PNS) di BNN Kota Kendari dan Ibu Anny Ilyas, SKM., M. Kes. (PNS) di Puskesmas Perumnas Kota Kendari. Sama dengan kedua adik tingkatnya, Ainun Jannatun Adnan juga mengungkapkan perasaan bangga dan bersyukur. “Alhamdulillah, saya sangat bersyukur sekali dan senang setelah di tahun 2021 gagal di tahap pertama SPCP IPDN, akhirnya pada tahun 2022 saya dapat diterima sebagai Calon Praja pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)”.

Selaku Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Dr. H. Muhammad Naim, S. Pi., M. Pd merasa bersyukur dan bangga atas prestasi yang telah dicapai siswa-siswi MAN Insan Cendekia Kota Kendari. Alhamdulillah, selamat kepada para siswa yang telah dinyatakan lulus dalam seleksi masuk Pergurun Tinggi dan Sekolah Tinggi Kedinasan. Dari jumlah 83 siswa yang telah dikukuhkan kelulusannya tahun 2022, sebanyak 70 (Tujuh Puluh) atau 84% anak-anak kita telah berhasil masuk pada Perguruan Tinggi Favorit diantaranya Universitas Indonesia (UI) dan beberapa Universitas Favorit lainnya yang ada di Indonesia, termasuk beberapa Sekolah Tinggi Kedinasan. Hal ini sesuai dengan target MAN IC seluruh Indonesia termasuk MAN IC Kota Kendari bahwa alumni MAN IC harus di atas 90% diterima di Perguruan Tinggi Favorit baik di dalam negeri maupun di luar negeri, tutupnya.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment