blog-img

Siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari Kembali Rebut Medali pada Ajang OBI Tahun 2022

admin | Prestasi |

Kendari (Humas Sultra) --- Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari kembali rebut medali pada Ajang Nasional.

Olimpiade Biologi Indonesai (OBI) merupakan ajang kompetisi nasional yang diselenggarakan oleh The Indonesian Scientific Society (ISS). ISS merupakan Lembaga Perhimpunan Ilmiah Indonesia dengan visi utamanya memajukan dunia ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia melalui 3 bidang program, yaitu Kolaborasi, Kompetisi dan Pengembangan. Selain itu, misi utama ISS adalah untuk mempromosikan, mengakui dan mendukung keunggulan dalam sains, memberikan saran ilmiah dalam bentuk kebijakan, membangun kerjasama global, pendidikan dan keterlibatan publik serta menjadi lembaga yang mampu menunjukkan pentingnya sains bagi semua orang.

SementaraOlimpiade Biologi Indonesai (OBI) merupakan suatu ajang kompetisi yang dirancang untuk mengukur kemampuan kognitif (pengentahuan), psikomotor dan afektif dari setiap peserta terhadap Biologi melalui tes dan presentasi, serta tes study kasus yang hasilnya harus dipresentasikan dihadapan dewan juri.

Tahun 2022, Olimpiade Biologi Indonesai (OBI) dilaksanakan secara online dan offline yang diikuti oleh Siswa SMA/SMK/MA di seluruh Indnesia. Setelah mengikuti babak penyisihan dan babak semifinal yang diaksanakan secara online, sebanyak Dua Orang Siswa dari MAN Insan Kota Kendari berhasil lolos ke babak final bersama 90 peserta lainnya.

Pada babak final yang dilaksanakan secara offline sejak tanggal 27 – 30 Oktober 2022 bertempat di Gedung Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat Jl. Diponegoro No. 12 Kota Bandung – Jawa Barat dan diumumkan pada tanggal 30 Oktober 2022, kedua siswa MAN Insan Kota Kendari An. Nabil Dwi Saputra, kelas XI IPA 2, berhasil meraih Medali Silver Award (Perak). Sementara Muh. Adhitia Al’ Araf B, X IPA 1 berhasil meraih Medali Bronze Award (Perunggu).

Pada babak Final, setiap finalis diberikan 2 bagian tes ujian yakni, Tes soal Kognitif: Peserta menyelesaikan soal pilihan ganda pengetahuan Biologi sebanyak 30 soal dalam waktu 60 menit dan Tes soal Study Kasus: Finalis dibagi menjadi 3 bagian yang masing-masing mendapatkan satu soal studi kasus.

Atas raihan ini, Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Dr. H. Muhammad Naim, S. Pi., M. Pd merasa bangga dan bersyukur karena kedua siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari mampu memberikan prestasi pada ajang nasional khusunya pada bidang Biologi.

“Alhamdulillah, selamat buat Nabil Dwi dan Muh. Adhitia atas prestasinya dalam ajang Olimpiade Biologi Indonesai (OBI) yang diselenggarakan oleh Lembaga ISS tahun 2022 di Bandung, Jawa Barat. Terima kasih juga kepada Adillah Fauziah M., S. Pd dan Ahmad Bisri, S. Pd atas bimbingan yang telah diberikan kepada para peserta, tutupnya.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment