blog-img

Perpustakaan MAN IC Kota Kendari Raih Predikat Akreditasi “A” Tahun 2021

Admin | Prestasi |

Perpustakaan MAN Insan Cendekia Kota Kendari berhasil meraih Predikat Akreditasi “A” berdasarkan hasil Evaluasi dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (LAP-PNRI) Tahun 2021.

Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka (UU No 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan). Untuk itu, dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat, perpustakaan diharapkan memberikan layanan minimal sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Penerapan Standar Nasional Perpustakaan dapat dilakukan melalui kegiatan akreditasi perpustakaan. Akreditasi adalah prosedur yang digunakan oleh lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi atau seseorang mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu. Sementara itu, akreditasi perpustakaan merupakan rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan yang menyatakan bahwa lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka melalui Tim Pusat Lembaga Akreditasi Perpustakaan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melakukan penilain atau evaluasi terkait pelaksanaan Akreditasi Perpustakaan di Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara yang salah satu sasaran dari penilain atau evaluasi Akreditasi adalah Perpustakaan MAN Insan Cendekia Kota Kendari.

Berdasarkan surat Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor: 4432/4.1/PPM.02/IX.2021 tanggal 10 September 2021 perihal hasil Akreditasi Perpustakaan, menetapkan bahwa Perpustakaan MAN Insan Cendekia Kota Kendari telah menunjukkan kesesuaian terhadap Standar Nasional Perpustakaan dengan Nilai Predikat Akreditasi “A” yang berlaku mulai tanggal 22 Juni 2021 sampai dengan 22 Juni 2026.

Capaian prestasi Perpustakaan MAN Insan Cendekia Kota Kendari dengan Predikat Akreditasi “A” merupakan suatu kesyukuran dan kebanggaan yang luar biasa mengingat usia Perpustakaan MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang baru didirikan sejak tahun 2019 dan  diresmikan penggunaannya pada Bulan Februari tahun 2019 oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin.

Berdasarkan capaian tersebut, Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Dr. H. Muhammad Naim, S. Pi., M. Pd. merasa sangat bangga dan mengucapkan terima kasih serta penghargaan kepada seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang telah bekerja keras dalam menyukseskan pelaksanaan Penilaian Akreditasi Perpustakaan MAN Insan Cendekia Kota Kendari tahun 2021, sehingga mampu mengantarkan pencapaian Hasil Akreditasi Perpustakaan Terbaik dengan Predikat “A”.

Ucapan terima kasih juga disampaikan secara Khusus kepada Kepala Perpustakaan MAN Insan Cendekia Kota Kendari periode 2018 s/d 2021, Husnul Khotimah, S. Ag., M. Pd. I dan Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari periode 2016 s/d 2021, Dr. Abdul Basit, S. Ag., MM atas segala dukungan dan kontribusinya terhadap pelaksanaan Akreditasi Perpustakaan MAN Insan Cendekia Kota Kendari tahun 2021.

“Mari kita semua sama-sama bersemangat dan bertekad untuk memberikan pelayanan yang LEBIH BAIK lagi kepada pemustaka dan yang paling terpenting kita mampu mempertahankan prestasi yang telah dicapai pada pelaksanaan Akreditasi Perpustakaan MAN Insan Cendekia Kota Kendari tahun 2021”, tutupnya.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment