blog-img

MAN Insan Cendekia Kota Kendari Gelar BIMTEK Pengembangan Pembelajaran Berbasis Literasi dalam Imple

admin | Pendidikan |

Kendari (Humas Sultra) --- Usai laksanakan Libur Akhir Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H/2022 M, MAN Insan Cendekia Kota Kendari Menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Pembelajaran Berbasis Literasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022.

Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan pada 12 s/d 14 Mei 2022 diikuti oleh seluruh Tenaga Pendidik MAN Insan Cendekia Kota Kendari. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula MAN Insan Cendekia Kota Kendari tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari yang diwakili oleh Kasubag TU Kemenag Kota Kendari, Paharuddin, S. Ag., M. Pd. I.

Melalui Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Dr. H. Muhammad Naim, S. Pi., M. Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Pembelajaran Berbasis Literasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022 dilatarbelakangi oleh adanya rencana dari Kementerian Agama RI melalui Direktur KSKK bahwa pada pelaksanan tahun pelajaran 2022/2023, MAN Insan Cendekia Kota Kendari merupakan salah satu madrasah yang akan diusulkan sebagai madrasah piloting dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka secara nasional.

Kepala madrasah juga menyampaikan bahwa pengembangan kompetensi guru secara berkelanjutan menjadi kewajiban setiap madrasah terutama dalam mengembangkan keilmuan dan kompetensi tenaga pendidiknya. Pengembangan kompetensi guru menjadi bagian terpenting dalam kegiatan madrasah kita. Oleh karena itu, diharapkan madrasah dapat mempersiakan diri untuk menyambut persiapan piloting sebagai madrasah yang akan memberlakukan Kurikulum Merdeka sehingga dapat diimplementasikan kepada siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari pada tahun pelajaran 2022/2023 berdasarkan keputusan Direktur KSKK Kemenag RI, tandasnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Kota Kendari, Paharuddin dalam sambutan dan arahannya pada acara pembukaan kegiatan Bimtek Pengembangan Pembelajaran Berbasis Literasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022 menyampaikan bahwa keberhasilan pendidikan bagi sebuah madrasah adalah tanggung jawab kepala madrasah yang harus didukung sepenuhnya oleh semua unsur dan elemen yang ada di madrasah tersebut.

Guru harus mampu dan mempunyai penilaian kinerja yang baik dan senantiasa mengembangkan pengetahuan dan profesionalismenya yang salah satunya adalah dengan mengikuti kegiatan bimtek seperti ini, sehingga dalam pengembangan kompetensinya, anak diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam kegiatan pembelajaran. Melalui Kurikulum Merdeka akan mampu memberi peluang kepada setiap guru untuk mengembangkan kegiatan pembelajarannya dalam upaya pencapaian kompetensi anak yang lebih baik, tutupnya.

Untuk diketahui bahwa, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut menghadirkan Dra. Susi Martini, M. Pd (Guru SMAN 20 Bandung) dan Sylva Sagita, S. Pd., M. Si (Guru Temasek Independent School) yang juga merupakan salah satu anggota dari Tim Penggerak Kurikulum Merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai Narasumber.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment