blog-img

MAN IC Kota Kendari Gelar “Tahfidz Camp” Tahun 2024

admin | Penelitian |

Kendari (Humas Sultra) --- Laksanakan program bimbingan ibadah selama Ramadhan, MAN Insan Cendekia Kota Kendari gelar kegiatan Tahfidz Camp tahun 2024 di Masjid Al- Islah MAN IC Kota Kendari.

Salah satu program Unggulan MAN Insan Cendekia Kota Kendari sebagai madrasah dengan system Boarding School khusunya dalam Bidang Keasramaan adalah program Tahfidz Camp yang dilaksanakan setiap bulan RamadhanProgram Tahfidz Camp MAN Insan Cendekia Kota Kendari dilaksanakan sejak tanggal 14 hingga 28 Maret 2024. Untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan bagi para siswa melalui Program Tahfidz Camp, maka kegiatannya terfokus dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an bagi siswa kelas X dan kelas XI. Sementara, bagi siswa kelas XII melaksanakan kegiatan Asesmen Madrasah yang berlangsung sejak tanggal 18 hingga 27 Maret 2024.

Program Tahfidz Camp yang dilaksanakan pada Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah tahun 2024 Masehi berlangsung secara terpusat di Masjid Al- Islah MAN IC Kota Kendari. Kegiatan ini sejalan dengan agenda program pembelajaran yang telah disusun baik oleh madrasah maupun pemerintah yang dituangkan dalam Surat Edaran Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat KSKK Madrasah perihal kegiatan pembelajaran di madrasah selama bulan Ramadhan Tahun 2024 bahwa setiap madrasah dapat menyelenggarakan program bimbingan ibadah Ramadhan dan penguatan kompetensi beragama yang terkait dengan pelaksanaan puasa misalnya Pondok Pesantren Ramadhan atau aktivitas pembinaan keagamaan lainnya dengan tetap memperhatikan dan menyesuaikan ketetapan dari pemerintah atau Pemda.

Program Tahfidz Camp dilaksanakan melalui bimbingan dan pendampingan langsung oleh Wakamad Keasramaan, Agustan, bersama beberapa Guru Bina Asrama. Selain itu, pihak madrasah juga mendatangkan para pembina dan pendamping yang berasal dari luar madrasah melalui kerja sama dengan pihak eksternal yaitu dari IAIN Kendari bersama Yupita Tri Rizki, Putri Fahmy Aprilia, M. Jalil, dan Awal Jumaidil yang dianggap telah berpengalaman dalam proses menghafal Al- Qur’an. Kegiatan ini bukan hanya sekadar mengajarkan hafalan tetapi juga membenarkan bacaan, makharijul huruf, dan tajwid para siswa.

MAN Insan Cendekia Kota Kendari juga menghadirkan Ust. H. Resman, Lc yang merupakan pengasuh dari salah satu Pondok Tahfizh di Kota Kendari sebagai narasumber saat acara pembukaan kegiatan Tahfidz Camp yang berlangsung tanggal 14 Maret 2024. Melalui paparanya, Ust. H. Resman memberikan motivasi dan metode terkait cara menghafal Alquran yang efektif.

Sementara, Wakil Kepala Madrasah bidang Keasramaan, Agustan, pada acara pembukaan kegiatan Tahfidz Camp menyampaikan bahwa Tahfidz Camp adalah program unggulan tahunan yang dilakukan setiap bulan Ramadhan, maka kalian harus bersungguh-sungguh dalam menghapal Al-Qur'an karena menghapal Al-Qur'an memiliki banyak kemuliaan didalamnya apalagi di bulan Ramadhan pahalanya tentu berlipat ganda.

“Setiap siswa diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik karena targetnya minimal setiap siswa dapat menghapal 2 juz selama masa Tahfidz Camp. Oleh karena itu, gunakanlah waktu kalian dengan baik agar hasilnya dapat lebih maksimal sehingga mampu melebihi target 2 juz. Niatkanlah bahwa menghapal Al-Qur'an merupakan bekal ilmu agama yang diperintahkan oleh Allah SWT”, ungkap Agustan.

Semoga dengan bekal ilmu pengetahuan yang diperoleh selama pelaksanaan kegiatan Tahfidz Camp khususnya mengenai Ilmu Pengetahuan Agama Islam dapat menjadi pondasi bagi kalian dalam memahami terutama dalam level yang lebih sulit adalah mampu menghayati, menerapkan, dan mengamalkan pengetahuan dan pengalaman agama tersebut dalam kehidupan sehari-hari, tutupnya.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment