blog-img

Lima Belas Siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari Siap Bersaing pada KSN Tingkat Provinsi Sulawesi Te

admin | Prestasi |

Sebanyak 15 Siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari Lolos pada  KSN Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2022.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselanggarakan setiap tahun oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan KSN dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat dalam mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains dan juga ditujukan untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi Tingkat Internasional. Selain itu, KSN diharapkan mampu membentuk peserta didik yang memiliki prestasi yang dilandasi dengan nilai-nilai kejujuran, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, cinta tanah air, dan berkarakter.

Pada tahun 2022, pelaksanaan kegiatan KSN Tingkat Kabupaten/Kota yang telah berlangsung secara serentak di seluruh wilayah kabupaten/kota se- Provinsi Sulawesi Tenggara sejak tanggal 23 s/d 25 Mei 2022 mengusung tema sentral "Sains Pulihkan Negeri", MAN Insan Cendekia Kota Kendari mengikutsertakan 45 (Empat Puluh Lima) Delegasi yang berlaga dalam 9 (Sembian) bidang lomba meliputi; bidang Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Seluruh peserta KSN Tingkat kabupaten/Kota yang berasal dari MAN Insan Cendekia Kota Kendari mengikuti kegiatan Seleksi di Ruang Laboratorium Komputer MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang jadwal pelaksanaan kegiatan seleksi berdasarkan ketentuan dalam Juknis dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dengan sistem pengawasan silang dari sekolah/madrasah yang berbeda.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri masing-masing bidang sains dan masing-masing provinsi yang telah diumumkan pada 14 Juni 2022, ditetapkan para pemenang Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K) jenjang SMA/MA tahun 2022 dan sekaligus akan menjadi peserta Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSN-P) Tahun 2022. Dari hasil penilaian tersebut, sebanyak Lima Belas (15) siswa dari MAN Insan Cendekia Kota Kendari berhasil lolos dan sekaligus akan menjadi peserta Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Provinsi  Sulawesi Tenggara Tahun 2022.

Ke- 15 siswa yang berhasil lolos dan akan mengikuti kegiatan pada pelaksanaan KSN Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara antara lain:

1.  Bidang Kimia: Zafira Ramadina Nurulfida, Nabhil Nandana, dan Nurfadila Cahyani;

2.  Bidang Matematika: Hanif Jawahir;

3.  Bidang Astronomi: Abdussalam Said Al Mubarak;

4.  Bidang Kebumian: Waode Alifya F. Azzahroh, Anisa Dwiyanti, dan Wa Izzah Azzahra;

5.  Bidang Geogarfi: Aulhia Putri Ramadhani, Wd. Aulia Rahmah Basanunggu, dan Dina Aulyah S. Riastami;

6.  Bidang Ekonomi: Muh. Raf'Al Nur M. dan Muhammad Fajar Surya;

7.  Bidang Informatika/Komputer: Nabil Hakim Alfikri dan Azwa Yurizka.

Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, H. Muhammad Naim mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas pencapaian tersebut dan juga ucapan terima kasih kepada bapak/ibu guru atas pembimbingan dan pendampingan yang telah diberikan kepada anak-anak terkhusus kepada bapak/ibu guru pembimbing Olimpiade dan Tim Kesiswaan di bawah tanggung jawab Wakamad Kesiswaan, Binar, S. Pd.

“Alhamdulillah, siswa MAN IC Kota Kendari yang berhasil lolos sebagai peserta KSN-P Tahun 2022 sebanyak 15 orang”. Bahwa prestasi yang telah diraih oleh anak-anak merupakan hasil dari usaha dan kerja keras serta semangat dari anak-anak untuk mengikuti pembinaan karena semangat dan disiplin merupakan salah satu kunci untuk meraih kesusksesan, ungkapnya.

Populer

blog-featured-img
Siswa MAN Insan...

Kendari (Humas Sultra) --- Salah...


blog-featured-img
MAN IC Kota...

Dua Siswa MAN Insan Cendekia Kota...


blog-featured-img
Profil Singkat MAN...

Seperti dikutip dari situs resmi LTMPT, MAN IC Kendari menjadi sekolah terbaik di Sulawesi Tenggara berdasarkan total nilai UTBK masuk...


blog-featured-img
Alumni Angkatan III...

Salah seorang siswi MAN Insan...


blog-featured-img
Siswa MAN IC...

Kendari (Humas Sultra) --- Duta Harmoni...


Leave a Comment